Membangun Negeri Istana

Tersedianya Prasarana dan Sarana Infrastruktur ke-PU-an yang handal, bermanfaat dan berkelanjutan, dalam rangka mendukung tiga agenda utama Kabupaten Siak Tahun 2020

Rencana & Strategi Dinas Bina Marga dan Pengairan

RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN
 
Program dan kegiatan yang disusun pada Rencana strategis Dinas Bina Marga dan Pengairan 2012 – 2016 ini merupakan Rencana Strategis ke 3 (tiga) semenjak berdirinya Kabupaten Siak. Program dan kegiatan yang direncanakan ini tetap disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah dengan mengacu kepada Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

 

TARGET PROGRAM DAN KEGIATAN BIDANG BINA MARGA TAHUN 2011 - 2016
 

  1. Untuk sistem jaringan jalan primer dengan fungsi lokal yaitu: Jalan Antar Desa, antar desa dengan kecamatan, antar desa dengan ibukota kecamatan, antar ibukota kecamatan dengan ibukota kecamatan, antar ibukota kecamatan dengan ibukota kabupaten.
     
  2. Panjang jalan lokal primer di Kabupaten Siak yang terbangun sampai dengan tahun 2011 adalah sepanjang 732.40 Km yang terdiri dari permukaan aspal sepanjang 117,61 Km, Base sepanjang 170,17 Km, permukaan tanah sepanjang 401,08,68 Km dan beton sepanjang 43,54 Km.
     
  3. Program yang direncanakan selama 5 (lima) tahun kedepan berdasarkan kondisi tersebut adalah dengan melakukan kegiatan pemeliharaan jalan terhadap kondisi jalan lokal primer yang permukaannya aspal sepanjang 117,61 Km tersebut.
     
  4. Terhadap jalan lokal primer dengan kondisi awal permukaannya tanah dan base yaitu sepanjang 571,25 Km akan dilakukan penanganan dengan kegiatan peningkatan jalan, dan itupun diharapkan untuk 5 (lima) tahun kedepan hanya sebesar 35% dari total 571.25 Km tersebut atau sepanjang 251,73 Km atau pertahunnya rata-rata sepanjang 50.35 Km
     
  5. Selanjutnya untuk sistem jaringan jalan primer dengan fungsi kolektor yaitu ruas jalan yang secara fungsi dan statusnya termasuk dalam jalan provinsi, namun tidak di SK kan oleh provinsi.
     
  6. Panjang jalan kolektor primer di Kabupaten Siak yang terbangun sampai dengan tahun 2011 adalah sepanjang 198,22 Km yang terdiri dari permukaan aspal sepanjang 174,75  Km, Base sepanjang 28,47 Km.
     
  7. Program yang direncanakan selama 5 (lima) tahun kedepan berdasarkan kondisi tersebut adalah dengan melakukan kegiatan pemeliharaan jalan terhadap kondisi jalan kolektor primer yang permukaannya aspal sepanjang 129,20 Km, dan hal ini direncanakan dapat dituntaskan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun kedepan.
     
  8. Terhadap Jalan dengan sistem sekunder dengan fungsi arteri, kolektor dan lokal dengan panjang jalan untuk permukaan aspal 352,352 Km, permukaan Base 834,47 Km, permukaan tanah 462,95 Km dan permukaan beton 299,80 Km atau totalnya sepanjang 1949,57 Km, akan dilakukan penanganan dengan kegiatan pemeliharaan jalan untuk yang permukaannya aspal, dan peningkatan jalan terhadap permukaan base dan tanah.
     
  9. Untuk 5 (lima) tahun kedepan terhadap jalan dengan sistem sekunder dan fungsi arteri, kolektor dan lokal seperti dimaksud di atas tersebut, khusus untuk peningkatan jalan dari permukaan base dan tanah direncanakan hanya 5% dari panjang jalan yang terbangun, hal ini disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah.
     
  10. Secara keseluruhan program pembangunan jalan dan jembatan selama 5 (lima) tahun kedepan akan dibangun dan ditingkatkan kondisi jalan sepanjang 420,148 Km untuk penanganan aspal dan 249,340 Km untuk penanganan Base.
     
  11. Selanjutnya terhadap desa-desa yang belum mempunyai jalan akses antar desa, antar desa dengan ibukota kecamatan atau antar kecamatan dengan kecamatan atau antar kecamatan dengan ibukota kabupaten yang belum terbangun akan dilakukan program pembangunan jalan dan hal tersebut tetap mengacu kepada pertumbuhan ekonomi dan pemerataan dalam rangka mereduksi kesenjangan antar wilayah.
     
  12. Program lain yang akan dilaksanakan pada rencana strategis tahap ke tiga Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Siak adalah Program Pembangunan Jembatan, yang merupakan pengintegrasian sistem jaringan jalan dan membuka aksesibilitas suatu kawasan terhadap kawasan lain, yang juga untuk membuka daerah terisolir dan koneksitas pada  pusat  kegiatan ekonomi, kawasan-kawasan cepat tumbuh dan kawasan lain.
 

Disamping itu juga untuk memelihara kualitas jembatan beserta fasilitasnya serta untuk mengembalikan kualitas jembatan sesuai dengan umur rencananya.
 

  1. Terhadap program jaringan jalan yang terbangun perlu dilakukan program pemeliharaan yang dilakukan secara rutin dan berkala agar kualitas jaringan jalan beserta fasilitasnya dapat terjaga.
     
  2. Sedangkan target lainnya yang berbentuk studi tentunya perlu dilakukan pada 5 (lima) tahun ke depan dengan melaksanakan kegiatan study perencanaaan dan desain serta sosialaisasi terhadap penyelengggaraan jalan.


 

DATA JALAN KABUPATEN SIAK BERDASARKAN SISTEM, FUNGSI DAN PERMUKAAN (AWAL TAHUN 2011)


 

DATA JALAN KABUPATEN SIAK BERDASARKAN SISTEM, FUNGSI DAN PERMUKAAN (AKHIR TAHUN 2016)



 
Updating..........